Langsung ke konten utama

Panduan Singkat Membangun Kebun NFT

Bagi yang sudah merasa bosan utak atik sistem hidroponik yang sederhana, mungkin bisa anda coba untuk mencoba membuat sistem hidroponik NFT.

Sistem NFT membutuhkan perhatian dan perencanaan yang matang dalam pembuatannya. Setidaknya supaya berhasil membuat NFT, anda harus sudah mahir mengerti prinsip - prinsip dasar hidroponik sederhana.

Sesuaikan Tempat

Pilihlah tempat yang memungkinkan terkena sinar lebih dari 3 jam agar tumbuhnya tidak kutilang.
Selain itu, anda perlu memperhatikan keamanan tempat yang anda pilih. Karena membutuhkan listrik 24 jam, setidaknya amankan kabel dari hal hal yang bisa membuatnya korslet.

Memilih Gully

Anda dapat menggunakan pipa, talang, atau sejenisnya. Intinya sebuah channel yang dapat mengalirkan. Yang perlu diingat, bahan yang harus dipilih harus bersifat inert atau tidak mudah bereaksi atau berkarat. Jadi saluran dari besi tidak bisa dipakai. Rongga bambu mungkin bisa dipakai, tapi saya tidak merekomendasikan karena dapat dijadikan sarang binatang.

Bertingkat Atau Datar

Kelebihan dari berkebun hidroponik adalah kita dapat menanamnya dengan bertingkat. Dengan menanam secara bertingkat, tanaman yang dapat kita tanam dalam luasan yang sama dapat lebih banyak.
Tetapi dalam pembuatannya, sistem bertingkat membutuhkan biaya yang lebih mahal dan ketelitian tinggi pembuatannya. Tata letak juga harus menyesuaikan arah pergerakan matahari agar tanaman dapat kena sinar semua. Dan daya pompa yang digunakan lebih tinggi dari sistem datar karena sistem bertingkat memerlukan pompa denga head lebih tinggi.

Memilih pompa sesuai kebutuhan

Idealnya per channel / talang / pipa memerlukan aliran dengan debit 2 liter/menit, jika debit di bawah itu tanaman akan mudah stres karena kurang oksigen. Dan tinggi instalasi anda perlu diperhatikan.  Jadi misal anda memiliki 5 talang yang berada 1,2 meter dari tanah , maka anda memerlukan pompa dengan debit keluaran ideal di atas 10 liter/menit atau 600 liter/jam dan mempunyai head di atas 1,2 meter.
Dengan memilih pompa sesuai kebutuhan, anda tidak boros listrik karena pompa kebesaran atau aliran pompa kecil karena pompa kekecilan.

Memilih Tandon Nutrisi

Dalam Hidroponik NFT, larutan nutrisi perlu diganti secara berkala. Paling mudah dengan pergantian 2 minggu sekali. Tapi kondisi tersebut dengan catatan tandon yang digunakan harus mengikuti perbandingan 1 liter per 3 tanaman.
Jadi misal anda punya tanaman 100 titik tanam, maka tandon yang sebaiknya anda gunakan sebaiknya di atas 30 liter.

Merancang Saluran Distribusi Aliran NFT

Sebelum anda membuat kebun NFT anda, sebaiknya anda perlu merencanakan dengan menggambar dan merinci berntuk desain pembagian aliran air nya. Hal ini berguna agar anda tidak kelebihan atau kekurangan bahan saat membuat instalasi hidroponik NFT.

Meja Dudukan NFT

Sebaiknya meja dudukan NFT memiliki ketinggian di atas 60 cm. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ancaman yang dapat merusak tanaman dari bawah. Dan dudukan - dudukan tersebut kemiringannya perlu diatur agar debit 2 lite/menit dapat terjaga. Kemiringan yang biasa digunakan adalah tiap 1 meter naik 2,5 cm - 5 cm.

Bahan - bahan yang dapat dipilih untuk meja dudukan :

Kayu

- Sebaiknya diberi minyak atau oli bekas

Galvalum

- Ringan dan awet serta mudah pemasangannya, banyak digunakan oleh pekebun hidroponik

Galvanis

- Kuat dan awet, tapi mahal. Biasanya dipakai untuk pameran

Besi Siku Lubang

- Paling cepat dan mudah dalam perakitannya diantara yang lain. Perlu dicat secara berkala agar tidak karatan

Bambu

-Bahan yang paling murah dan kuat. Saran saya bambu sebaiknya digunakan untuk kaki saja mengingat bambu tidak rata

Panjang Aliran

Yang perlu diingat. Supaya tanaman tumbuh seragam, panjang aliran pipa / talang / channel tidak lebih dari 12 meter

Komentar

  1. Mau tanya saya rencana mau pakai sistem hidroponik apung utk sayuran selada. Dimensi wadah apungnya Lebar 1m Panjang 2m dan uk.tsb akan menampung 48 netpot. (Lebar dpt 5 netpot Panjang 2m dpt 10 netpot, tp saya hanya akan pakai 48bh aja).

    Yg saya blm bisa hitung:

    1. Berapa jumlah air biasa utk dimensi apung tanaman tsb?
    2. Lalu utk komposisi larutan a dan b brp ml utk diisi di total volume air biasa poin 1?
    3. Untuk ketinggian dimensi apung L1 x P2m diatas sebaiknya brp cm agar dpt menampung total air poin 1 jd saya bisa bikin ketinggian sedikit lbh tinggi utk penempatan struktur lainnya.

    Smoga berkenan bantu beri jwbn saya benar" awam soal hidroponik. Trima kasih sblmnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pembuatan Hingga Suka Dukanya Hidroponik NFT

Sistem hidroponik NFT adalah sistem yang paling populer dibanding sistem hidroponik yang lain. Biasanya orang-orang mengasosiasikan NFT adalah hidroponik itu sendiri. Padahal sistem NFT adalah salah satu sistem hidroponik. NFT adalah  singkatan dari Nutrient Film Technique. Kata film dikarenakan tanaman tumbuh pada ailran tipis yang menyerupai lapisan film. Sistem ini paling mudah dijumpai ketika ingin belajar hidroponik. Karena sistem ini memiliki paling banyak kemudahan dibanding sistem yang lain. Tanaman yang dapat ditanam dengan sistem ini tidak terbatas sayuran daun saja, tanaman buah seperti tomat, cabai, hingga melon dapat ditanam dengan sistem hidroponik NFT. Selama akar tanaman serabut masih dapat untuk ditanam secara NFT. Tanaman yang berumbi tidak dapat di NFT kan karena daerah perakaran NFT terbatas. Selain itu sistem hidroponik NFT adalah sistem yang paling fleksibel dibanding sistem yang lain. Karena dapat diterapkan di berbagai lahan dengan ukuran apa saja dan

Panduan Pembuatan dan Perawatan Hidroponik Drip (Irigasi Tetes) / Fertigasi

Sistem drip atau biasa disebut sistem irigasi tetes adalah salah satu sistem hidroponik yang menggunakan teknik yang menghemat air dan pupuk dengan meneteskan larutan secara perlahan langsung pada akar tanaman. Sistem drip pada hidroponik dapat juga disebut Fertigasi karena pengairan dan pemberian nutrisi dilakukan secara bersamaan Sistem drip / fertigasi adalah sistem hidroponik yang paling sering digunakan di dunia, mulai dari hobi hingga skala komersil. Karena biaya pembuatannya murah dan teknik pembuatannya mudah dibanding sistem hidroponik yang lain.  Seberapa luas dan ukuran tempat Anda, penempatan sistem ini sangat fleksibel dapat menyesuaikan luas dan ukuran tempat Anda. Biaya pengoperasiannya pun lebih murah, karena untuk pengirigasian listrik tidak perlu dinyalakan terus menerus. Anda dapat mengandalkan timer untuk mengatur frekuensi dan volume pemberian larutan nutrisi pada tanaman. Jadi tanaman lebih toleran jika di daerah Anda terjadi pemadaman listrik.

Pembuatan Sistem Aeroponik yang Efisien dan Hemat Daya

Aeroponik adalah teknik menanam di udara di mana akar terekspos langsung di udara. Tidak ada media yang menopang akar tanaman pada sistem aeroponik. Akar mendapat air dan nutrisi dari pengkabutan atau spraying pada ruang perakaran. Aeroponik berbeda dari hidroponik pada umumnya. Aeroponik adalah evolusi dari hidroponik yang lebih efisien dan dapat mengatasi kekurangan dari sistem hidroponik. Sistem aeroponik menawarkan tanaman tumbuh lebih cepat serta penggunaan air dan pupuk lebih hemat dari sistem hidroponik. Daftar Isi Prinsip Sistem Komponen yang Diperlukan Alat-alat yang Diperlukan Pembuatan Sistem Aeroponik Perawatan Sistem Aeroponik Variasi Sistem Pada hidroponik, pemupukan dan penyiraman tanaman dilakukan dengan larutan nutrisi dengan media air atau substrat. Tetapi pada aeroponik, pemupukan dan penyiraman dilakukan dengan cara dikabutkan di ruang perakaran tanaman tanpa media apapun. Dengan teknik pengkabutan, penggunaan air dan pupuk le